Nicklas Bendtner dan Samir Nasri akan menjadi andalan Arsenal saat menghadapi Barcelona, Kamis dini hari nanti

Pelatih Arsenal Arsene Wenger menegaskan timnya tidak akan terpengaruh dengan nama besar Barcelona, saat menjamu klub Catalan itu dalam laga perempat final leg pertama Liga Champions, di Stadion Emirates, Kamis dini hari nanti.

Klub raksasa Spanyol yang juga merupakan juara bertahan Liga Champions ini memang difavoritkan mampu mengatasi perlawanan The Gunners.

“Kami harus tampil berani menghadapi Barcelona. Apa yang saya inginkan dari tim saya adalah tidak terlalu khawatir soal kekuatan Barcelona dan fokus pada kekuatan diri sendiri,” ujar pelatih berjuluk The Professor itu.

“Kami tidak menyangkal kualitas mereka, namun kami juga bukan tim sembarangan,” tambah Wenger.

Barcelona memang layak diunggulkan. Dijejali dengan banyak nama berbakat seperti Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic, Andres Iniesta, Xavi Hernandez hingga mantan penyerang Gunners, Thierry Henry.

Namun, nama-nama besar itu nampaknya tidak terlalu menakutkan bagi bek Arsenal asal Belgia Thomas Vermaelen.

“Kami tidak terlalu fokus terhadap individu karena kami harus bermain sesuai gaya kami dan bermain sebagai satu tim,” kata Vermaelen.

Jika kami ingin menjuarai Liga Champions maka kami harus mengalahkan tim terbaik

Thomas Vermaelen

“Messi adalah pemain bagus, mungkin salah satu yang terhebat di dunia. Namun, bukan waktunya bagi kami untuk terpengaruh. Kami tak perlu gugup atau melihat satu persatu pemain mereka. Kami hanya perlu fokus terhadap penampilan sendiri dan penampilan tim kami,” tambah Vermaelen.

“Jika kami ingin menjuarai Liga Champions maka kami harus mengalahkan tim terbaik,” ujar Vermaelen penuh optimisme.

Prestasi Barcelona memang menakjubkan. Tahun lalu selain menjuarai Liga Champions Barca juga meraih juara La Liga dan Piala Spanyol. Dan, tahun ini mereka masih berpeluang besar mempertahankan gelar juara La Liga meski saat ini menduduki posisi kedua klasemen karena kalah selisih gol dari rival abadi mereka Real Madrid.

Perbandingan skuad

Cesc Fabregas masih diragukan bisa tampil melawan Barcelona

Meski optimisme merebak di kubu The Gunners, mereka bukannya tanpa masalah. Kemungkinan besar Arsenal harus tampil tanpa diperkuat kapten sekaligus playmaker Cesc Fabregas yang menderita cedera lutut dan pergelangan kaki yang diperoleh ketika mempekuat Arsenal menghadapi Birmingham, Sabtu lalu.

Dan nampaknya Wenger tidak mau berspekulasi dengan memainkan gelandang Spanyol itu jika belum benar-benar fit.

“Kami akan menunggu 24 jam lagi dan kami akan menganalisa situasi ini. Jika pertandingan ini berlangsung hari ini maka Cesc pasti tidak bisa tampil,” kata Wenger.

“Jika Rabu (Kamis dinihari) kondisinya benar-benar bugar, kami akan memainkannya. Peluangnya 60-40 bagi dia untuk bermain,” janji Wenger.

Jika nantinya Fabregas tidak bisa tampil diperkirakan Wenger akan memainkan gelandang internasional Kamerun Rigobert Song di posisi Fabregas.

Namun, Song dipastikan bakal melakukan pekerjaan berat. Selain harus mengatur irama permainan Arsenal dia juga harus menahan laju pengatur serangan Barca, Xavi Hernandez. Padahal Xavi dikenal sebagai pemain yang sulit dihentikan permainannya.

Sementara itu di lini depan, Barca kemungkinan besar tetap akan memainkan tiga striker yaitu Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic dan Therry Henry.

Lionel Messi tetap menjadi andalan Barcelona di lini depan

Tugas untuk menghentikan gerak eksplosif Lionel Messi nampaknya akan jatuh ke pundak Thomas Vermaelen. Pemain belakang asal Belgia ini merupakan salah satu pemain paling konsisten penampilannya di kubu Arsenal.

Meski demikian, seluruh lini belakang Arsenal patut mewaspadai gerakan Messi yang terkadang sulit diprediksi. Dan meski terjepit Messi seringkali mampu membuat ruang bagi pemain lain untuk menciptakan peluang. Apalagi, kedua pendampingnya Ibrahimovic dan Henry memiliki kualitas mematikan sebagai ujung tombak.

Sedangkan lini depan Arsenal nampaknya akan mengandalkan Nicklas Bendtner yang belakangan tampil memikat. Pemain Denmark ini tampil luar biasa saat mencetak hattrick kala timnya mencukur FC Porto 5-0 di babak perdelapan final.

Namun nampaknya Bendtner akan sulit bergerak bebas karena di jantung pertahanan Barcelona, Carles Puyol pasti tidak akan memberikan ruang sedikitpun bagi Bendtner untuk menciptakan peluang. Sehingga umpan-umpan matang dari lini tengah sangat diperlukan Bendtner dalam menciptakan peluang gol.

Reuni Henry

Selain bakal menyuguhkan adu teknik ketat antara kedua tim, pertandingan ini diwarnai aroma dendam dan nostalgia.

Thierry Henry bakal mendapat sambutan hangat di Stadion Emirates

Aroma dendam jelas diusung Arsenal yang dipecundangi Barcelona dalam final Liga Champions tahun 2006 lalu. Kala itu, meski sempat unggul The Gunners harus tumbang 1-2 di tangan El Barca.

Kenangan itu, tentunya akan melecut pasukan muda Arsenal mempersembahkan kemenangan bagi publik Emirates. Apalagi kemenangan di laga kandang ini sangat penting karena di laga kedua Arsenal harus menyambangi Nou Camp, kandang Barcelona

Pertandingan ini juga menjadi ajang nostalgia bagi Thierry Henry yang pernah memperkuat Arsena selama delapan tahun. Pendukung Arsenal tentu tidak akan melupakan jasa Henry yang tampil di 254 pertandingan dengan mengemas 174 gol.

Meski saat ini, Henry datang dengan seragam baru dan berstatus lawan namun pemain Prancis itu masih bisa berharap sambutan hangat dari pendukung The Gunners. Namun, kondisi itu tidak akan berpengaruh pada jalannya pertandingan.

“Kami senang melihat Henry tampil di sini. Dan dia akan memperoleh sambutan hangat yang memang pantas dia peroleh,” kata Wenger.

“Namun, ketika peluit wasit berbunyi maka perempat final Liga Champions dimulai dan saya jamin kami akan melakukan apapun untuk mengalahkan Henry dan Barcelona,” tandas Wenger.

About hanisholihah

aku suka biru aku suka arsenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s